Probolinggo Kota Bestari

“Probolinggo kota BESTARI…. Dengan tujuannya yang abadii…”

Perbatasan Kota Probolinggo sebelah Timur.


Sedikit penggalan lagu yang saya ingat waktu duduk di sekolah dasar dulu. Lahir dan besar di Probolinggo membuat saya bangga dan cinta akan apa yang ada di daerah ini. BESTARI : BErsih Sehat Tertib Aman Rapi Indah, merupakan semboyan dari kota Probolinggo. Jika kalian masuk di gerbang kota maka Anda akan melihat tulisan “Kota Seribu Taman” hal ini wajar diutarakan karena dari gerbang kota sampai nanti perbatasan dengan kabupaten kita akan disuguhi taman-taman mungil disepanjang tepi trotoar jalan. Taman-taman tersebuh mewakili institusi yang ada di seluruh kota Probolinggo, dari sekolah, kedinasan, perusahaan, dan lain-lain. Probolinggo memiliki lagu daerah yang berjudul “Sekar Bayuangga”. Sekar berarti bunga dan Bayuangga sendiri berarti angin dan mangga. Probolinggo terkenal dengan Mangga Manalaginya. Dimana musim mangga pasti di Probolinggo sedang musim angina (angina gending). Dulu semasa saya kecil, Bayuangga itu merupakan gabungan dari Bayu (angin), Anggur dan Mangga. Namun, seiring berjalannya waktu Anggur di kota Probolinggo sedikit hilang akan tetapi, julukan kota penghasil anggur terbanyak tetap melekat pada kota Probolinggo.

Pawai Budaya SEMIPRO


Probolinggo dikelilingi oleh banyak suku, suku tengger yang ada di Sukapura, Kawasan Gunung Bromo, suku tionghoa, suku jawa, dan suku Madura. Sempat dulu saya mengingat pada zaman dahulu ada seorang walikota Probolinggo yang berasal dari suku Tionghoa. Keragaman Budaya ini dapat kita lihat dalam Pawai Budaya yang biasanya diselenggarakan dalam acara “SEMIPRO” (SEMInggu di kota PRObolinggo). Sesuai dengan namanya, kegiatan tersebut berlangsung selama seminggu dan bertaburan dengan artis ibukota. Dari expo pendidikan, pameran tentang beberapa daerah, pagelaran seni dan lomba-lomba lainnya ikut memeriakan jalannya SEMIPRO.

Rujak Erok-Erok

Pokak, Sate Kelampok, sampai Rujak Erok-erok adalah makanan khas kota Probolinggo. Dan yang akan saya bahas disini adalah Rujak Erok-Erok. Saya sendiri awalnya tidak mengenal apaitu Rujak Erok-erok sampai akhirnya saya duduk di bangku SMA dan saat itu musim mangga di sekolah. Teman-teman mengajak saya untuk ikut rujakan keesokan harinya dengan menyumbang minum dan Lombok (cabai). Petis ikan khas buatan orang mayangan, di campur dengan cabai yang setengah dihaluskan lalu buah bengkoang, kates atau papaya muda, pencit atau mangga muda, dll yang anda suka bisa ditambahkan hehehe. Mirip rujak buah kan? Tapi kenapa kok namanya EROK-EROK?. Kata teman saya, di Mayangan itu mayoritas penduduknya Madura, dan makanan ini muncul darisana. Diberi nama erok-erok karena makan buahnya itu sambil nyerok atau nyendok petis dan cabenya itu. Kini erok-erok mudah kita temui di pasar minggu alun-alun probolinggo. Biasanya seporsi erok-erok dihargai 4000-6000 tergantung dari buah dan petisnya. Biasanya ada penjual yang menambahkan gula pada petis sehingga membuat kesan kremes pada petis saat dimakan dengan buah.
Acara MPS2 Probolinggo


Selain SEMIPRO dulu di kota Probolinggo terdapat acara Morning on Paglima Sudirman Street atau biasa disebut MPS2. Namun, sekarang berubah menjadi SPK (Semarak Pagi Kecamtan) biasanya berlangsung di Cokro. Dalam acara ini biasanya dari institusi kedinasan dan sekolah berlomba-lomba mengeluarkan penampilan terbaiknya. Tidak hanya itu para pedagang pun juga ikut gabung dalam acara ini dan tidak sedikit stand-stand sekolah menjualkan hasil produk yang mereka hasilkan.

BeeJay Bakau Resort



Probolinggo sendiri tidak hanya mempunyai wisata Gunung Bromo saja, tapi ada Air Terjun Madakaripura, Air Terjun di Bremi, Air Terjun Umbulan, Ranu Agung, dan BeeJay Bakau Resort. Yang paling gencar dalam pembangunan kini adalah BeeJay Bakau Resort pasalnya tempat wisata ini sedang gencar dalam promosi seperti masuk pada acara tv My Trip My Adventure. Selain itu, BJBR juga menambah wahana dan spot-spot yang unik seperti waterpark, lapangan volley pantai, sampai tempat gembok cinta.

Sekian tulisan tentang sedikit informasi dari kota Probolinggo, semoga tulisan ini bermanfaat untuk semua kedepannya. 

0 komentar:

Posting Komentar